Tuesday, February 7, 2017

Cara Membuat Pupuk Hidroponik

Menanam tanaman organik hidroponik di rumah tidak harus seperti memiliki gelar dalam bidang perkimiaan atau biaya yang besar. Setelah Anda mendapatkan hidroponik Anda hanya harus memulai pemeliharaan yang diperlukan yaitu menjaga agar nutrisi tetap mengalir.

Belajar bagaimana membuat pupuk organik hidroponik buatan sendiri adalah semudah membuat kue. Setiap resep berikut memberikan jumlah yang tepat terhadap nutrisi dan rasio untuk mencampurnya dengan air. Resep pertama terdiri dari nutrisi yang dapat ditemukan di pembibitan lokal ataupun toko-toko tumbuhan hidroponik.

Resep Organik Pertama - Resep Tradisional
Menggabungkan lima bahan berikut dengan jumlah sebagai berikut ke dalam mangkuk:
  • 15 ons superfosfat
  • 10 ons kalium sulfat
  • 10 ons natrium nitrat
  • 10 ons kalsium nitrat
  • 5 ons magnesium sulfat

Campurkan bahan-bahan tersebut secara menyeluruh dan atur mangkuk ke samping. Di mangkuk terpisah gabungkan resep-resep berikut :
  • 1 ons besi sulfat
  • 1 sendok teh bubuk asam borat
  • 1 sendok teh manggan sulfat
  • 1/2 sendok teh tembaga sulfat
  • 1/2 sendok teh seng sulfat

Aduk, kemudian hancurkan resep tersebut dengan lesung dan alat penumbuk. Setelah campuran tersebut telah menjadi bubuk halus, buanglah bubuk ke dalam mangkuk pertama. Aduk keduanya hingga menjadi campuran homogen. Ini melengkapi pupuk. Terapkan pada rasio setengah sendok teh per 100 galon air.

Resep Organik Kedua - Pemberian dari laut
Resep ini adalah pupuk organik paling sederhana yang Anda inginkan untuk membuatnya. Rumput laut merupakan salah satu sumber yang paling kaya nutrisi bagi tanaman di planet ini. Membuat teh rumput laut larut nutrisi dari sel-sel tumbuhan ke dalam bentuk cair yang dapat dimanfaatkan dalam sistem hidroponik. Berikut cara melakukannya. Bungkus enam ons rumput laut di kain tipis dan ikat dengan seutas tali. Rendam tas ini dalam lima galon ember serta di bawah sinar matahari, selama empat sampai lima hari.

Tambahkan lima sendok teh garam Epsom untuk campuran (satu sendok teh per galon) untuk menambahkan elemen yang hilang dari rumput laut. Seluruh lima galon teh tersebut dapat ditambahkan ke wadah air hidroponik atau dapat ditambahkan secara bertahap ke dalam satu galon. Satu galon teh akan menyuburkan susunan 100 galon selama dua hari.

Resep Organik Ketiga – Teman Petani
Pilihan ketiga untuk pupuk hidroponik organik berasal dari seorang petani dikonversi bahwa saya menghabiskan banyak waktu saat saya belajar seni hidroponik. Menjadi seorang petani tua, Ia memiliki campuran pupuk tersendir yang Ia bawa dari hari tradisionalnya. Inilah yang Ia lakuka agar pupuk tersebut dapat digunakan dalam pengaturan hidroponik. Campur bahan berikut dalam ember 5 galon.
  • 4 pounds biji makanan
  • 1 pound kapur pertanian yang ditumbuk dengan halus
  • 1 pound gipsum
  • 2 pound kapur dolomit
  • 1 pon tulang makanan
  • 1 pound kelp (rumput laut besar berwarna cokelat)

Isi ember dengan air dan aduk sampai menciptakan campuran yang tipis. Campuran ini digunakan pada rasio enam ons per 100 galon air. resep ini bekerja dengan sangat baik dalam sistem skala besar tetapi dapat ditingkatkan kembali selama rasio yang disimpan sama. Campuran dapat dibiarkan dalam bentuk bubuk dan digunakan pada rasio setengah sendok teh untuk 100 galon juga.

Resep Organik Keempat - Teh Kompos
Jika Anda adalah salah satu puritan dalam komunitas organik dan Anda suka dengan sistim penggunaan kembali serta mendaur ulang, resep teh kompos ini adalah untuk Anda. Semua Ulasan ini adalah hal-hal yang mungkin Anda miliki di rumah Anda (tidak termasuk air akuarium) dan semua yang Anda butuhkan adalah tempat yang bagus di bagian terpencil dari halaman Anda.
Buat tumpukan kompos atau belilah tempat untuk menyimpankompos dan tempatkan dalam suatu tempat yang berada diluar jalur. Tambahkan jumlah yang sama dari materi hijau dan coklat, menjadi alat pemotong rumput, sisa sayuran, daun hijau, dan lainnya menjadi jerami coklat, kotoran, daun kuning atau coklat kering, kertas dan produk kayu, koran yag diparut, jerami atau pengering serat.

Mengubah tumpukan setiap hari selama dua sampai tiga minggu atau sampai kompos yang bagus telah matang. Masukkan dua sekop penuh kompos di lima galon air selama tiga hari. Saringan air bagus tapi air akuarium lebih baik (asalkan belum diolah secara kimia). Pupuk ini tidak akan konsisten secara kimiawi, sehingga dosisnya akan tergantung pada isi dari tumpukan kompos Anda. Tempat yang baik untuk memulainya adalah satu galon teh kompos per 100 galon wadah air.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat pupuk hidroponik. Semoga bacaan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda.

Cara Membuat Pupuk Hidroponik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adinda Silfi

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts