Saturday, February 4, 2017

Jenis Tanaman Rambat

Tanaman rambat merupakan tanaman yang sering digunakan untuk memperindah tampilan rumah, karena sifatnya yang merambat, maka tanaman jenis ini layaknya digunakan untuk memperindah pagar rumah. Ada banyak jenis-jenis tanaman rambat, diantaranya yang umum diketahui atau digunakan yaitu tanaman sirih dan alamanda. Selain tanaman tersebut, ternyata masih banyak lagi jenis tanaman rambat yang digunakan untuk memperindah pagar rumah Anda.

Tanaman rambat sering diidentikkan dengan tanaman yang berdaun lebat, sebagai nilai atau bagus tidaknya suatu tanaman rambat. Namun sekarang, tidak sedikit juga orang yang memilih jenis tanaman rambat berbunga, dimana lebih memberikan nuansa warna-warni pada pagar. Beberapa tanaman bunga rambat misalnya adalah tanaman petrea volubilis, mata kucing, dan tanaman morning glory.

Bunga Morning Glory
Proses perambatan pada tanaman rambat dikarenakan akar pada tanaman tersebut tumbuh di dalam tanah, serta batangnya tumbuh di atas permukaan tanah. Jenis tanaman rambat yang seperti itu, memiliki sifat bercabang, yaitu adanya suatu organ yang memungkinkan tanaman tersebut menjalar ke media yang ada di dekatnya.

Tanaman rambat memiliki jenis berdasarkan cara tumbuhnya. Yaitu sebagai berikut.

1. Akar Tempel
Tanaman Ficus Pumila Jenis Tanaman Merambat Akar Tempel
Akar tempel memiliki akar yang tumbuh di sepanjang batangnya. Fungsi dari akar yang menempel ini adalah sebagai media tanaman ini untuk melekatkan diri di tempat dimana tanaman merambat ini hidup. Contoh tanaman yang berakar tempel misalnya adalah tanaman ivy dan ficus pumila.

2. Melilit
Tanaman Merambat Morning Glory
Untuk golongan tanaman rambat melilit ini mempunyai ciri batang tanaman yang melilit serta ada pula yang merambat dengan beberapa bantuan dari sulur cabang hingga ketiak daun tanaman rambat jenis melilit ini. Jenis tanaman ini, mempunyai ciri berupa batang tanamannya yang melilit lalu ada juga yang melakukan perambatan dengan beberapa media bantuan dari cabang hingga ketiak daun tanaman rambat melilit ini. Beberapa tanaman rambat yang melilit ini biasanya dijumpai dengan ciri-ciri memiliki batang berukuran kecil, seperti misalnya Tanaman rambat Passifloraceae, Morning Glory dan Cucubitaceae.

3. Setengah Merambat
Bunga Climbing Rose
Dan jenis tanaman rambat yang akhir ialah setengah merambat. Diberi nama setengah merambat adalah karena memang tanaman berjenis ini tumbuh dengan setengah merambat. Cara tumbuhnya pun termasuk unik, tanaman ini tumbuh keatas secara vertikal sehingga terlihat seperti merambat, namun tumbuhnya tanaman ini tidak lurus tegak ke atas dan juga tidak memiliki suatu organ yang bersifat merambat. Cabang pada tanaman berjenis setengah merambat ini terbuat dari cara merayapnya, tergantung oleh media tempat tanaman tersebut tumbuh. Contoh tanaman dengan ciri setengah merayap yaitu tanaman rambat melati, alamanda, dan juga Climbing Rose. Beberapa contoh tanaman hias yang bersifat merambat diantaranya adalah Alamanda, Kembang kertas, Konyal, Patuk manuk, Bunga corong, serta Tanaman hias air.

Namum jangan lupa bahwa tanaman hias bersifat merambat ini, juga perlu untuk dirawat, agar tanaman tersebut subur dan lebat. Tentu Anda tidak akan mau tanaman hias merambat yang Anda miliki tumbuh tidak terawat, dedaunan yang terlewat lebat, dan bersifat merusak pemandangan karena ketidak rawatannya tanaman tersebut. Kami disini juga memiliki tips yang bisa dipakai agar tanaman rambat yang Anda miliki dapat memperindah serta dapat disesuaikan dengan lingkungan agar enak dipandang oleh mata. Tips-tips tersebut meliputi:
  1. Dipangkas secara teratur (sering)
  2. Pangkas samping
  3. Pemberian pupuk secara bertahap
  4. Pelajari dulu karakteristik dari tanaman tersebut
  5. Lakukan karantina pada tanaman rambat tersebut di ruangan yang teduh
  6. Terkena sinar matahari secara penuh
  7. Jangan lupa petik bunganya supaya tidak berbuah
Demikian penjelasan tentang jenis tanaman rambat, contoh tanaman rambat, serta tips untuk merawatnya tanaman rambat tersebut. Semoga bacaan diatas berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Jenis Tanaman Rambat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adinda Silfi

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts